Cara Memblokir Virus Ransomware Wanna Cry di Mikrotik

Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang virus Ransomware Wanna Cry. Virus ini sempat viral di tahun 2017 karena kehebatannya dalam merusak data-data. Virus ini menargetkan korbannya yang berada dalam instansi pemerintahan supaya mau membayar atas data-data yang telah dirusak agar kembali lagi.


Cara Memblokir Virus Ransomware Wanna Cry di Mikrotik

Virus ini meminta bayaran kepada korbannya dengan sejumlah bitcoin, yang mana sama-sama kita tahu bahwa bitcoin adalah mata uang virtual yang saat ini sangat mahal harganya.

Karena beberapa alasan itu maka saya mencari solusi agar komputer yang terhubung melalui internet bisa aman dari serangan virus berbahaya ini. Disini saya menggunakan router mikrotik sebagai media untuk memblokir pintu masuk virus ini dari jaringan yang saya gunakan.

Berikut Cara Memblokir Virus Ransomware Wanna Cry di Mikrotik:
1. Buka Winbox Seperti biasa
2. Login sesuai Username dan Password
3. Buka New Terminal
4. kemudian ketikkan ip firewall filter kemudian Enter



5. kemudian ketikkan add chain=virus protocol=tcp dst-port=139 action=drop comment="block-wannacript139"  kemudian enter.
6. Masih sama seperti diatas, silahkan Anda ketikkan perintah dibawah add chain=virus protocol=tcp dst-port=445 action=drop comment="block-wannacript445" lalu jangan lupa tekan enter.



7. kemudian ketikkan add chain=virus protocol=tcp dst-port=3389 action=drop comment="block-wannacript3389" kemudian enter
8. Kalau sudah bisa di cek di IP - Firewall akan ada 3 rule baru tanda silang semua



9. Selesai!

Demikianlah pembahasan saya kali ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk sobat semua. Jika ada pertanyaan atau masalah Anda yang membutuhkan solusi, silahkan comment dibawah. Selamat Mencoba!!!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memblokir Virus Ransomware Wanna Cry di Mikrotik"

Post a Comment

Jika ada yang kurang jelas silahkan tambahkan ke kolom komentar dibawah ini.
- Dilarang SPAM
- Dilarang Menghina
- Dilarang PROMOSI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel