Cara Memasang Kabel Front Panel (HDD Led, Power Led, Reset SW, Power SW)

Solusi Pasang Kabel Front Panel (HDD Led, Power Led, Reset SW, Power SW) - Kali ini saya ingin membahas Solusi Memasang Kabel Indikator atau Front Panel (HDD Led, Power Led, Reset SW, Power SW). Dalam merakit komputer ada banyak hal harus Anda pasang agar sebuah komputer bisa bekerja dan berfungsi secara maksimal. Salah satu hal yang paling penting adalah memasang Front Panel (HDD Led, Power Led, Reset SW, Power SW). Jika Anda tidak memasang kabel front panel dengan benar, maka komputer Anda tidak akan bisa berfungsi secara normal.

Berikut Cara Memasang Kabel Front Panel Komputer:
1. Membuka Casing.
2. Memasang Power Supply.
3. Memasang dudukan baut Mainboard.
4. Memasang I/O Shield Mainboard.
5. Memasang Mainboard.
6. Memasang Processor.
7. Memasang RAM.
8. Memasang Harddisk.
9. Memasang Drive DVD.
10. Menghubungkan kabel sesuai tempatnya.
11. Menutup Casing.

Menurut pengamatan saya masih ada sebagian orang yang bingung dalam melakukan perakitan komputer, terutama pada nomor 10 yaitu pada bagian menghubungkan kabel Front Panel dari casing ke mainboard.

Kabel panel terdiri dari 4 pasang yang terdiri dari :
1. Lampu LED Harddisk (HDD LED)
2. Tombol Power (Power SW)
3. Tombol Reset (RESET SW)
4. Lampu LED Power (POWER LED)

Di bawah ini adalah contoh kabel Front Panel :


Solusi pasang kabel indikator seharusnya melihat buku manual panduan mainboard. Tetapi, sekarang hampir semua mainboard menggunakan standar yang sama dalam meletakkan pin-pin Front Panel. Hanya ada beberapa mainboard ASUS bersocket AM2 (Processor AMD) yang menggunakan susunan yang berbeda.

Secara umum Front Panel terletak pada tepi bawah mainboard, Biasanya berdekatan dengan pin bertuliskan USB_1, USB_2, AUDIO dan lain-lain. Anda cari pin-pin memiliki keterangan Front Panel atau F_Panel. Berikut ini adalah 2 contoh gambar pin tempat peletakkan Front Panel.



Agar Anda lebih mudah memahami saya menggunakan gambar dengan susunan pin yang telah saya beri nomor. Ingat! pin nomor 10 adalah pin yang kosong.


Sekarang Anda tinggal menghubungkan pasangan kabel pada pin-pin tersebut. Anda perlu menghubungkan pin dengan ketentuan sebagai berikut :
1 - 3 Ke kabel HDD LED
2 - 4 Ke kabel POWER LED
5 - 7 Ke kabel RESET SW
6 - 8 Ke Kabel POWER SW

Untuk pin 9 Anda biarkan saja kosong. Pada pin 1, 2 dan 6 hubungkan dengan kabel positif, hanya pada pin 5 yang di hubungkan dengan kabel negatif. Begitu juga sebaliknya, pada pin nomor 7 hubungkan ke kabel positif dan pin 3, 4 dan 8 hubungkan ke kabel negatif. Hasilnya akan jadi seperti ini : 1-3, 2-4, 5-7 dan 6-8. Urutan posisinya positif-negatif, positif-negatif ,negatif-positif, dan positif-negatif. Jadi hanya pin 5-7 yang susunannya terbalik atau berbeda dari yang lain.

Setelah saya jelaskan diatas, mungkin akan timbul pertanyaan, lalu bagaimana menentukan kabel positif dan negatif? Untuk melihat kabel positif dan negatif Anda bisa melihat dari warnanya. Kabel negatif umumnya berwarna putih atau hitam. Tetapi jika kabel putih dan hitam di pasangkan, maka kabel putih yang negatif. Jika kabel warna putih atau hitam tidak ada, maka biasanya akan ada kabel warna merah sebagai kabel positif.

Untuk casing yang memiliki lampu power yang lebih besar, karena saat ini biasanya kabel POWER LED menggunakan konektor molex male 2 pin (Seperti konektor molex male 4 pin dari power supply, tetapi jumlah pinnya hanya 2) yang langsung dihubungkan ke power supply. Seperti gambar di berikut ini.


Namun ada motherboard yang memiliki konektor 16 pin ( MOBO model lama ). seperti gambar di berikut ini :


Lalu bagaimana cara memasang konektor 16 pin pada motherboard? Caranya Anda tinggal ikuti sesuai gambar di berikut ini :


Untuk tambahan pemasangan kabel front panel usb. Silahkan Anda ikuti petunjuk berikut ini.

Front USB

Tempat pasang front USB pada motherboard

Jika di tulis urutanya akan seperti ini.


Keterang Masing-Masing PIN :
2 [P] [D-] [D+] [G] [] pasang pin [VCC] [USB2-] [USB2+] [GND] [kosong]
1 [P] [D-] [D+] [G]     pasang pin [VCC] [USB1-] [USB1+] [GND]

Sekianlah pembahasan saya kali ini tentang Cara Memasang Kabel Front Panel (HDD Led, Power Led, Reset SW, Power SW). Mudah-mudahan bisa membantu Anda semua dalam melakukan perakitan komputer. Jika Anda ingin berlangganan situs ini silahkan isi alamat email Anda pada kotak email diatas, agar kalian bisa jadi orang pertama yang tahu update terbaru dari situs ini. Selamat Mencoba!!!

0 Response to "Cara Memasang Kabel Front Panel (HDD Led, Power Led, Reset SW, Power SW)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel