Panduan Cara Setting Server UNBK 2018 Terbaru

Panduan Setting Server UNBK 2018 Terbaru - Pada kesempatan kali ini saya mau membahas bagaimana cara setting server UNBK 2018. Sebelumnya saya juga sudah membahas error google chrome saat UNBK. Mengingat pelaksanaan UNBK 2018 sudah semakin dekat, maka saya tetap menggunakan dokumen  Manual CBT UN 2017 sebagai referensi.

Agar jelas saya akan siapkan alur pembahasan dan file apa saja yang harus Anda siapkan. Berikut alur pembahasan persiapan server UNBK:

1. Instalasi VirtualBox
2. Pembuatan Mesin Virtual (Install VHD)
3. Instalasi Jaringan Virtual Machine UNBK

Aplikasi dan file yang harus dipersiapkan:

1. Software VirtualBox
2. ExambroCBTSync_50.170406
3. ChromeStandaloneSetup64
4. NetFramework_ALL_Windows
5. VHD_UNBK_2018

Manual CBTUN 2018

Setelah semua bahan siap, mari lanjut ke inti pembahasan. Disini saya masih berpedoman dengan CBT UN 2017, anggap saja ini manual CBT UN 2018.
Tahapan instalasi server lokal UNBK ada 3 yaitu :
1. Instalasi VirtualBox.
2. Pembuatan Mesin Virtual (Sekaligus PasangVHD).
3. Instalasi Jaringan Virtual Machine UNBK.

I. Instalasi VirtualBox

Virtual Box adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk memproses sistem operasi tambahan di dalam sistem operasi utama (asli). Mungkin Anda ada yang bertanya mengapa VHD_UNBK harus di install di dalam VirtualBox. Hal ini di lakukan untuk mengamankan data UNBK dari virus dan hal-hal yang tidak di inginkan. Karena VirtualBox berfungsi untuk menyembunyikan karakteristik fisik dari sumber daya komputer utama yang digunakan.

Jadi mau tidak mau Anda harus menggunakan Virtual Box demi keamanan data yang akan dikirim ke server pusat. Berikut langkah-langkah dan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat instalasi VirtualBox:

1. Ada dua file di dalam folder VirtualBox yaitu VirtualBox-5.1.30-118389-Win.exe dan Oracle_VM_VirtualBox_Extension_Pack-5.1.30.vbox-extpack

2.Install VirtualBox.exe, klik kanan > run as administrator, kemudian ikuti saja petunjuknya sampai selesai.

3. Kemudian install Oracle_VM supaya dapat menggunakan semua fitur yang ada pada VirtualBox.

4. Klik Berkas dan pilih Preferences

5. Klik Extensions kemudian klik Add Package

6. Cari dan pilih file ekstensi VirtualBox lalu Open

7. Tampil layar konfirmasi instalasi dan klik tombol install

8. Arahkan ke paling bawah, kemudian pilih Saya Setuju


II. Pembuatan Mesin Virtual (Install VHD)

Setelah itu membuat mesin virtual di dalam VirtualBox. Maksud dari membuat mesin virtual adalah menginstall VHD_UNBK_2018 di dalam VirtualBox. VHD_UNBK_2018 berfungsi sebagai sistem operasi yang bekerja untuk UNBK.

Berikut langkah-langkah instalasi VHD_UNBK_2018:

1. Atur waktu Virtual Box agar sama dengan komputer utama.

2. Buka dan jalankan aplikasi VirtualBox kemudian pilih "New" atau menggunakan Shortcut Ctrl+N untuk memulai pembuatan mesin virtual VHD.

3. Selanjutnya akan muncul jendela pop-up Create Virtual Machine. Ada tiga kolom isian yang harus Anda isi. Pada kolom “Nama” isi dengan (nama-sekolah)_Server, lalu pada kolom “Type” pilih yang Microsoft Windows, lalu pada kolom "Version” pilih yang Windows 2012 (64bit). Setelah Anda setting dengan benar silahkan klik Next.

4. Tahapan berikutnya menentukan ukuran memory yang akan digunakan untuk mesin virtual VHD. Kemudian tentukan ukuran memory, buat sampai batas memory yang berwarna hijau. Sedikit tambahan, jangan sampai Anda menentukan ukuran memori sampai garis berwarna merah.

5. Tahapan berikutnya pengaturan media penyimpanan yang akan digunakan sebagai mesin virtual. Ada tiga pengaturan yang bisa Anda pilih yaitu Do not add a virtual hard drive, Create a virtual hard drive now, Use an existing virtual hard drive. Kemudian Anda pilih Use an existing virtual hard drive. Kemudian masukkan file VHD_UNBK_2018, lalu Open. Terakhir klik Create.

6. Sampai di sini Anda sudah berhasil membuat mesin virtual untuk VHD_UNBK_2018.


III. Instalasi Jaringan Virtual Machine UNBK

Langkah selanjutnya yakni membuat jaringan virtual machine UNBK. Tahapan ini bertujuan agar antara komputer server dan VHD VirtualBox bisa saling terhubung dan tersambung ke internet.

Berikut Langkah-langkah Installasi Jaringan Virtual Machine UNBK:

1. Komputer server lokal (Milik Anda) harus memiliki 2 NIC (Network Interface Card). NIC 1 (adapter 1) digunakan untuk koneksi LAN (Local Area Network) atau untuk menghubungkan komputer client. Sedangkan NIC 2 (adapter 2) digunakan untuk Internet, ini berfungsi untuk sinkronisasi, minta token ke server pusat, dan upload hasil ujian ke server pusat. Untuk mengatur NIC (adapter) dapat dilakukan melalui menu machine atau mesin untuk yang menggunakan bahasa Indonesia, kemudian settings atau pengaturan untuk yang menggunakan bahasa Indonesia.

2. Cara Mengatur Adapter 1 : Pilih Adapter 1, kemudian centang Enable Network Adapter, lalu pada list Attached to pilih Bridged Adapter atau Adaptor Ter-bridge jika yang menggunakan bahasa Indonesia, kemudian pada list Name pilih LanCard/Ethernet yang tersambung ke client. Untuk pilihan Advanced biarkan saja.

3. Cara Mengatur Adapter 2 : Pilih Adapter 2, kemudian centang Enable Network Adapter, lalu pada list Attached to pilih NAT agar komputer server lokal bisa terhubung ke internet. Untuk pilihan Advanced biarkan saja.

4. Selanjutnya mengatur IP address pada Lan Card dengan ketentuan IP 192.168.0.1 - 192.168.0.199 sesuai dengan ketentuan IP Server Pusat 192.168.0.200. Caranya mengaturnya tekan tombol Windows + R kemudian ketikkan ncpa.cpl lalu enter. Kemudian klik kanan di Lan Card atau Ethernet NIC 1 dan pilih Properties, lalu klik dua kali pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), lalu pilih Use following IP address dan isi IP 192.168.0.199 lalu klik Ok.

Manual CBTSync

Sampai tahap di atas sebenarnya Anda telah selesai dan sudah memiliki komputer server UNBK yang siap digunakan. Perlu diingat! untuk menjalankan dan menutup Virtual Box hanya melalui aplikasi ExamBro CBTSync Admin agar tidak terjadi VHD error. Aplikasi ini merupakan aplikasi pengatur lalu lintas data yang digunakan oleh website CBT.

Berikut langkah-langkah menggunakan aplikasi ExamBro CBTSync Admin:

1. Jalankan Exambro CBTSync Admin dengan klik kanan dan pilih Run as administrator.

2. Pastikan nama VM ditulis sesuai dengan nama pada Virtual Machine. Jika sudah benar klik Start VM.

3. Tunggu hingga muncul Run Starter, lalu pilih Yes untuk melanjutkan.

4. Setelah masuk ke halaman utama CBT Sync Login. Silahkan masukkan ID Server sekolah Anda kemudian klik Submit.

Optimalisasi CBT UN 2018

Ada banyak masalah ketika proses instalasi VHD dan jaringan server UNBK, contoh VM tidak bisa dijalankan melalui Exam Bro Admin, instalasi jaringan tidak terhubung ke internet, atau terjadi error.

Sebagian memang bisa Anda perbaiki dengan membaca troubleshooting UNBK, namun sebagian mungkin tidak bisa Anda atasi dengan mudah, sehingga mengharuskan Anda untuk memulai dari awal. Agar terhindar dari hal tersebut, coba optimalisasi CBT UN dengan langkah-langkah berikut:

1. Pastikan semua file UNBK di download dari situs resmi puspendik.

2. Pastikan komponen fisik komputer server dan client telah sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan oleh puspendik.

3. Gunakan file kebutuhan UNBK terbaru (terupdate) sesuai instruksi puspendik.

4. Gunakan Google Chrome dari puspendik. Jika sudah terpasang Google Chrome sebelumnya, silahkan hapus dan pasang Chrome Standalone Setup64 dari puspendik.

5. Install Microsoft .NET Framework terutama untuk pengguna windows supaya kinerja komputer lebih maksimal dalam memahami bahasa yang digunakan oleh aplikasi CBT UN.

Sekian dulu panduan cara install VHD dan jaringan server UNBK 2018 yang bisa saya bagikan. Semua materi yang saya sajikan di atas bersumber dari Manual_CBT UN 2017-060217.pdf dan dari pengalaman pelaksanaan UNBK 2017. Saya tidak punya maksud lain selain membantu teman-teman teknisi dan proktor yang masih kesusahan dalam mempersiapkan UNBK 2018.

Referensi: http://www.risalahku.com/2017/11/panduan-cara-install-vhd-dan-jaringan.html

2 Responses to "Panduan Cara Setting Server UNBK 2018 Terbaru"

  1. ini bersumber dari mana ya?? hayo...
    jadilah penulis yang bijaksana, semoga Allah SWT meridloi. Amin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah diletak diatas mbak sumbernya :)
      Siap! Amiin...

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel