Tips Lulus Tes SKB Wawancara CPNS Kemenkumham 2018 - Solusi Menarik

Tips Lulus Tes SKB Wawancara CPNS Kemenkumham 2018

Seleksi Kompetensi Bidang Pengamatan Fisik dan Keterampilan (PFK) - Seleksi tahap akhir dari seluruh rangkaian seleksi CPNS Kemenkumham tahun 2018 adalah Pengamatan Fisik dan Keterampilan. Pada tahapan tes ini anda akan dilihat secara fisik dan mental. Secara fisik, anda akan dipastikan bebas dari tatto dan tindik.

Anda akan disuruh membuka seluruh pakaian yang anda pakai di suatu ruangan khusus, pemeriksaannya disesuaikan dengan jenis kelamin masing-masing. Peserta laki-laki akan diperiksa oleh panitia laki-laki dan begitu sebaliknya.

Proses selanjutnya adalah Pengamatan Mental, Kepribadian.

Didalam ruangan ada 10 orang penguji, yang dibagi menjadi 5. Jadi ada 5 meja yang terdiri dari 2 penguji. Dalam 1 meja terdapat 2 penguji yang terdiri dari 1 perwakilan panitia pusat dan 1 dari panitia daerah.

Tidak ada sistem titipan, karena pengujinya akan diacak dan akan diadakan pengundian terlebih dahulu untuk menentukan pasangan antara panitia pusat dan panitia daerah.

TIPS:
Saat sesi wawancara, penguji akan menanyakan seputar jabatan yang anda lamar, apa yang anda ketahui tentang jabatan yang anda lamar, penguji akan memastikan integritas diri anda.

Ingat! saat berhadapan dengan penguji, tatap dengan lembut mata penguji, agar anda dianggap serius ketika diajak berbicara. Jangan sesekali menunduk atau memalingkan pandangan saat ditanya ataupun saat memberikan jawaban.

Pertanyaannya masih berhubungan dengan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sistem CAT.

Apa motivasi anda melamar di kemenkumham?

Untuk menjawab pertanyaan ini, anda harus menjawab dengan jawaban yang realistis. Kebanyakan peserta seleksi akan menjawab ingin mengabdi kepada Bangsa Indonesia, jadi sangat disarankan untuk tidak menjawab dengan jawaban tersebut.

Gambarkan dengan satu kalimat tentang diri anda.

Pilihlah satu kata atau kalimat yang benar-benar menggambarkan diri anda, seperti "Disiplin" dan lain sebagianya, Berikan penjelasan singkat tentang kata tersebut berdasarkan pengalaman pribadi anda.

Apa yang anda lakukan setelah menjadi pegawai di lingkungan kemenkumham?

Jawablah pertanyaan ini dengan jawaban "Saya akan bekerja sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan, serta menaati peraturan yang berlaku".

Jika ada teman anda melanggar aturan, apa tindakan anda?

Kapasitas anda adalah menjadi bawahan, jika anda melihat teman yang melanggar aturan, bukan kapasitas anda untuk menegurnya. Ada pihak yang memiliki kewenangan untuk menegur dan mengatasinya. Anda cukup menjawab untuk tidak mengikuti prilakunya yang menyimpang dan tetap melakukan tugas dan tanggung jawab sesuai aturan yang ada.

Untuk keterampilan, usahakan menampilkan keterampilan yang sesuai dengan formasi atau jabatan yang dilamar, seperti bela diri adalah keterampilan yang relevan untuk penjaga tahanan.

Hasil Tes Pengamatan Fisik dan Keterampilan (PFK) dapat anda lihat hari itu juga setelah semua peserta selesai mengikuti tes pada hari dan sesi itu.

Setelah anda mengetahui hasilnya, dapat anda lakukan hitungan untuk mengetahui hasil integrasi antara SKD dan SKB. Ketentuan pada tes tahun 2018 adalah 40% SKD+ 60% SKB.

SKD = A/500 x 100 = D
SKB 1 = B/100 x 50 = E
SKB 2 = C/100 x 50 = F

Total SKB = E + F = G

40% SKD = D/100x 40 = H
60% SKB = G/100 x 60 = I

Nilai Akhir = H+I

Keterangan:

A = Nilai CAT SKD
SKB1 = Nilai Kesamaptaan
SKB 2 = Nilai PFK

Angka 500 tersebut didapat karena nilai tertinggi untuk CAT SKD adalah 500.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

ADD YOUR COMMENTS

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel