Doa Saat Menghadapi Ujian, Test, atau Ulangan Agar di Mudahkan dan Lancar

Selain belajar, kita juga dianjurkan untuk berdoa ketika mengikuti ujian, test atau ulangan agar diberi kemudahan dalam mengerjakan soal-soal ujian, test atau ulangan serta diberi kelulusan. Nah, bagi Anda yang kebetulan ingin mengikuti ujian, test atau ulangan jangan sungkah-sungkan untuk selalu belajar, tetap semangat dan terus belajar serta berdoa agar diberi pikiran yang terang sehingga mudah untuk berfikir.

Doa Saat Menghadapi Ujian, Test, atau Ulangan Agar di Mudahkan dan Lancar
Berikut ini adalah kumpulan doa-doa agar lulus ujian, test atau ulangan yang dapat diamalkan ketika mengikutinya. Semoga dengan mengamalkan doa ini, Anda semua diberi kelancaran dalam mengerjakan soal-soal ujian, test atau ulangan. Berikut doa dalam bahasa arab, tulisan latin dan terjemahannya.

Doa agar diberi kemudahan (Mengikuti Ujian)


اَللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

ALLAAHUMMA LAA SAHLA ILLAA MAA JA’ALTAHU SAHLAN WA ANTA TAJ’ALUL HAZNA IDZAA SYI’TA SAHLAN.

Artinya :
“Ya Allah! Tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya.” (Shahih Ibnu Hibban no. 2427; Syaikh ‘Abdul Qadir Al Arna’uth menyatakan shahih dalam Takhrij Al Adzkar hal. 106)

Doa Nabi Musa ‘Alaihis Salam untuk Kelancaran Lisan

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي, وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي, وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي, يَفْقَهُوا قَوْلِي

RABBISY-ROHLII SHADRII, WA YASSIRLII AMRII, WAHLUL ‘UQDATAM MILLISAANII, YAFQAHU QAULII

Artinya :
“Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.” (QS Thaahaa : 25-28)

Doa Memohon Tambahan Ilmu Pengetahuan

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

RABBI ZIDNII ‘ILMAA

Artinya :
“Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan.” (QS Thaahaa : 114)

Itulah beberapa doa-doa saat ingin mengikuti ujian, test atau ulangan lengkap dalam bahasa arab, tulisan latin dan artinya. Jangan lupa pula untuk tetap belajar, karena berdoa saja tidaklah cukup, begitu juga sebaliknya. Maka dari itu belajar dan berdoalah agar dimudahkan saat mengikuti ujian serta mendapat kelulusan.

Sekian dulu ya! pembahasan saya kali ini tentang Doa Saat Menghadapi Ujian, Test, atau Ulangan Agar di Mudahkan dan Lancar; mudah-mudahan bisa bermanfaat. Jika ada masalah atau pertanyaan silakan tanyakan pada kolom komentar dibawah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel