Panduan Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar - Solusi Menarik

Panduan Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar

Sebelum kita membahas bagaimana cara membuat sebuah makalah, ada baiknya Anda mengenal lebih dalam tentang Apa yang disebut makalah, Apa saja kategorinya dan Apa perbedaannya dengan Paper dan Jurnal Ilmiah.

Banyak orang berpikir bahwa makalah, paper dan jurnal ilmiah adalah produk yang sama namun sebenarnya ketiga jenis karya tulis ini memiliki karakter dan tujuan yang berbeda.

Cara Membuat Makalah

Tapi, sebelum kita bahas lebih dalam; ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu definisi dari makalah.

Definisi Makalah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, makalah diartikan dalam 2 hal. Pertama adalah tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum di suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan. Kedua didefinisikan sebagai karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.

Sedangkan menurut Badan Standarisasi Nasional (BSN) karya tulis disebut makalah jika memenuhi beberapa syarat berikut; makalah merupakan pemikiran sendiri, belum pernah dipublikasikan, mengandung unsur kekinian dan bersifat ilmiah.

Ciri-Ciri Makalah

  1. Berisi sebuah kajian literatur atau laporan suatu kegiatan di lapangan yang sesuai dengan pokok bahasan suatu mata pelajaran atau mata kuliah tertentu.
  2. Berisi pemahaman seorang pemakalah mengenai suatu permasalahan teori dan kemudian dikaji dengan menerapkan prosedur, teori, serta prinsip yang berhubungan dengan mata kuliah atau mata pelajaran tertentu.
  3. Dapat menggambarkan kemampuan seorang pemakalah dalam meramu berbagai teori dan informasi menjadi satu kesatuan yang utuh. Oleh sebab itu, makalah yang dibuat harus benar-benar tersusun dengan sempurna oleh pemakalah dengan cara selalu memperhatikan EYD, tata bahasa, etika menulis, etika mengutip, serta cara menyimpulkan gagasan dalam makalah tersebut juga harus diperhatikan.
  4. Suatu makalah harus memiliki sistematika yang paten. Tidak seperti karya sastra atau karya seni yang memiliki sistematika bebas.

Jenis-Jenis Makalah

  1. Makalah Induktif
    Makalah induktif adalah makalah yang disusun dengan berdasarkan hasil data empiris yang didapatkan melalui penelitian di lapangan, pastinya penelitian yang dilakukan masih relevan dengan pokok bahasan yang akan dibahas dalam makalah tersebut. Pada makalah tersebut harus diawali dengan hal-hal yang bersifat khusus lalu disimpulkan menjadi hal yang bersifat umum. Dalam artian kalimat utamanya berada di akhir paragraf.
  2. Makalah Deduktif
    Makalah deduktif adalah makalah yang disusun dengan berdasarkan suatu kajian teori yang dapat diperoleh dari literatur yang sudah ada. Makalah ini menjelaskan dari hal yang bersifat umum kemudian menuju ke sifat yang lebih khusus. Dalam artian paragraf utama berada di awal paragraf, kemudian diikuti oleh kalimat-kalimat pendukung.
  3. Makalah Campuran
    Makalah campuran adalah gabungan dari dua makalah yaitu gabungan antara makalah induktif dengan makalah deduktif, yang mana dasar penyusunannya adalah suatu kajian teoritis dan data empiris. Paragraf-paragraf dalam makalah ini diawali dengan hal yang umum yang diikuti dengan kalimat-kalimat penjelas bersifat khusus, kemudian ditutup lagi dengan kesimpulan yang bersifat umum.

Format Pengaturan Makalah

  • Sampul makalah menggunakan Kertas Buffalo (boleh berwarna)
  • Isi makalah menggunakan Kertas A4
  • Model huruf: Times New Roman
  • Ukuran huruf: 12
  • Jarak spasi : 1,5
  • Margin
  • Atas : 4 cm, Bawah : 3 cm, Kanan : 3 cm, dan Kiri : 4 cm

Urutan Makalah

  1. Cover Makalah
  2. Kata Pengantar Makalah
  3. Daftar Isi Makalah
  4. Pendahuluan Makalah
  5. Pembahasan Makalah
  6. Penutup Makalah
  7. Daftar Pustaka Makalah
  8. Lampiran Makalah (Jika Ada)

Contoh Cover Makalah

Contoh Cover Makalah

Sekarang perhatikan beberapa hal dalam pembuatan cover makalah. Diantaranya sebagai berikut :
  • Judul Makalah: Terletak dibagian atas, ditulis dengan huruf kapital tebal, biasanya berukuran font 14.
  • Logo Sekolah/Kampus/Universitas: berada di bagian tengah cover, berukuran sedang dan berwarna sesuai logo sekolah atau kampus.
  • Data Lengkap Penulis: Berisi nama, nomer induk dan kelas/jurusan pemakalah. Jika kelompok maka ditulis semua anggota kelompoknya. Tidak harus huruf kapital.
  • Fakultas Kampus atau Sekolah: Jika mahasiswa tulis nama fakultas dan kampusnya. Jika masih Pelajar SMP atau SMA ya tulis nama sekolahnya.
  • Kota dan tahun pembuatan makalah

Contoh Kata Pengantar

KATA PENGANTAR

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ilmiah tentang Perkembangan Industri 4.0 dan Manfaatnya untuk Masyarakat.

Makalah ilmiah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.

Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ilmiah ini.

Akhir kata kami berharap semoga makalah ilmiah tentang Perkembangan Industri 4.0 dan Manfaatnya untuk Masyarakat ini dapat memberikan manfaat maupun inspirasi terhadap pembaca.

Medan, 11 Januari 2019

Penyusun

Contoh Pendahuluan Makalah

Biasanya pendahuluan berisi tentang gambaran secara umum makalah tersebut, yang meliputi latar belakang, rumusan masalah, maksud dan tujuan.
  • Latar Belakang : dalam latar belakang ini berisi tentang sesuatu hal menarik yang menyebabkan pemakalah memilih tema tersebut. Latar belakang memakai kaidah piramida terbalik, artinya penulisan dari umum ke yang khusus.
  • Rumusan Masalah : di dalam rumusan masalah ini berisi tentang masalah apa saja yang akan diungkap dalam makalah. Wujudnya berupa pertanyaan.
  • Maksud dan Tujuan : di dalam maksud dan tujuan ini berisi tentang apa maksud dan tujuan penulisan makalah.

Contoh Penutup Makalah

Pada bab penutup ini berisi kesimpulan besar dari seluruh pembahasan teori dan data dalam makalah. Kesimpulan bisa jadi sesuai dengan hipotesa awal namun bisa juga hasilnya berbeda. Tapi yang jelas kesimpulan harus mengandung jawaban atas tujuan yang dituliskan dalam bab 1.

Penutup biasanya juga berisi saran dari penulis. Sekaligus disampaikan apakah hal penelitian itu cukup memuaskan atau masih perlu dilakukan penelitian lanjutan.

Sekian dulu ya! pembahasan saya kali ini tentang Panduan Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar, mudah-mudahan bisa bermanfaat. Jika ada masalah atau pertanyaan silakan tanyakan pada kolom komentar dibawah dan terima kasih banyak sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel