Cara Mengecek IP Address PC, HP dan Modem dengan Mudah - Solusi Menarik

Cara Mengecek IP Address PC, HP dan Modem dengan Mudah

IP Address merupakan alamat identifikasi pada setiap perangkat yang terhubung ke internet. Alamat indentifikasi ini berupa deretan angka. Setiap perangkat memiliki alamat IP (Internet Protocol) yang berbeda-beda. Ada dua jenis IP address yaitu :

1. IP address Statis (bersifat tetap).
2. IP address Dinamis (berubah-ubah setiap kali kita terhubung ke jaringan).

Cara Mengecek IP Address PC, HP dan Modem dengan Mudah

IP address berfungsi untuk mengidentifikasi jaringan yang digunakan, sebesar apa jaringan dapat dilihat dari IP address yang digunakan. Fungsi lain IP address adalah untuk melacak keberadaan perangkat.

Cara Cek IP Address Smartphone

Smartphone yang terhubung ke internet memiliki IP address. Ada tiga cara yang dapat di lakukan untuk mengecek IP address smartphone, yaitu sebagai berikut:

Melalui Website
Jika smartphone anda terhubung ke jaringan internet, anda bisa membuka beberapa situs yang dapat memberikan informasi IP address smartphone anda. Terdapat cukup banyak situs yang menyediakan layanan ini, antara lain:
  • http://locallhost.com – hanya menampilkan IP address smartphone anda.
  • http://www.intip.net – menampilkan IP address, browser yang digunakan, host name serta country (negara).
  • http://www.ipsaya.com – menampilkan cukup banyak informasi seperti IP address, browser yang digunakan, proxy, jenis koneksi, ISP, kota dan negara, hingga device yang digunakan.

Melalui Menu Wifi pada Smartphone Anda
  • Buka menu Wifi.
  • Klik (Tap) pada wifi yang tersambung dengan perangkat anda, maka akan muncul beberapa keterangan termasuk IP Address perangkat anda serta gateway.

Cara Cek IP Address Komputer (Laptop atau PC)

Ada tiga cara yang bisa di lakukan untuk mengecek IP address komputer anda, yaitu sebagai berikut:

Melalui Command Prompt (CMD)
Untuk mengecek IP address komputer anda menggunakan cmd, anda harus membuka aplikasi cmd terlebih dulu.

Caranya, klik Start > klik Run di kolom pencarian (search) atau anda juga bisa menekan shortcut Win + R pada keyboard. Setelah jendela Run muncul, ketik cmd pada kolom yang tersedia untuk menampilkan jendela Command Prompt.

Pada jendela command prompt, ketikan ipconfig setelah itu tekan enter. Maka otomatis cmd akan menampilkan IP Configuration komputer anda. selain menampilkan IP address, beberapa informasi seperti default gateway dan lainnya juga akan ditampilkan.

Melalui Control Panel
  • Klik Start > Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center
  • Setelah itu pilih profile koneksi yang anda gunakan (aktif).
  • Klik kanan pada profile koneksi tersebut, pilih opsi Status. Akan muncul jendela yang berisi konfigurasi IP komputer anda, termasuk IP address.
  • Klik Details untuk mendapatkan infromasi lebih lengkap seperti subnet mask, default gateway, atau DNS.

Melalui Website
Untuk mengecek IP address melalui website, komputer anda harus terhubung ke internet. Ada beberapa website yang bisa anda buka untuk mendapatkan informasi mengenai IP address Laptop atau PC, antara lain: http://whatismyipaddress.com. Begitu membuka situs ini menggunakan browser, halaman utama situs ini akan langsung menyajikan IP address komputer anda serta berbagai informasi lainnya seperti ISP, service, city, dll.

Situs lain yang menyediakan layanan pengecekan IP address komputer adalah http://ipaddress.com. Pilih menu My IP yang bisa anda temukan pada bagian atas halaman situs. Setelah itu halaman situs akan menampilkan IP address komputer anda saat ini, ISP, Netspeed, Proxy, Sistem Operasi, Kota dan Negara, hingga time zone.

Cara Cek IP Address Modem

Jika ingin melakukan konfigurasi lebih lanjut pada modem atau router, anda harus mengetahui terlebih dahulu alamat IP modem. Untuk mengetahuinya, anda bisa melakukan langkah- langkah dibawah ini:
  • Klik Start > Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center > Local Area Network
  • Pilih profile koneksi modem yang anda gunakan
  • Klik kanan pada profile koneksi tersbut, lalu pilih opsi Status.
  • Akan muncul jendela yang berisi konfigurasi IP komputer anda, klik Details untuk mendapatkan infromasi lebih lengkap.
  • Lihat alamat Gateway, alamat tersebut merupakan IP address modem anda.
  • Anda bisa merubah alamat IP Address modem yang anda gunakan jika anda menginginkannya. Untuk melakukannya anda harus masuk ke admin panel modem. Caranya dengan mengetikkan IP Address modem yang sebelumnya telah di ketahui di address bar browser lalu tekan enter. Anda akan menemukan jendela login, biasanya usaername dan password default adalah admin.

Setelah anda berhasil login, anda dapat masuk ke menu Interface Setup > LAN dan mengganti IP Address yang tertera dengan IP Address yang anda inginkan. Setelah itu simpan perubahan yang anda lakukan. sebagai catatan, sebelum melakukan ini, anda harus merubah IP address komputer anda menjadi default terlebih dahulu, jika tidak biasanya anda tidak akan dapat masuk ke admin panel modem.

Sekian dulu ya! pembahasan saya kali ini tentang Cara Mengecek IP Address PC, HP dan Modem dengan Mudah, mudah-mudahan bisa bermanfaat. Jika ada masalah atau pertanyaan silakan tanyakan pada kolom komentar dibawah dan terima kasih banyak sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel