5 Tips Untuk Kamu Sebelum Membeli SSD Agar Tidak Salah Beli - Solusi Menarik -->

Advertisement 970x90

5 Tips Untuk Kamu Sebelum Membeli SSD Agar Tidak Salah Beli

Gunawan
Agustus 16, 2020

Perkembangan teknologi sangat pesat sekali. Bahkan saking pesatnya sekarang laptop pun sudah ditawarkan dengan kategori yang berbeda. Contohnya laptop gaming, laptop mid-level dan lain sebagainya.


5 Tips Untuk Kamu Sebelum Membeli SSD Agar Tidak Salah Beli


Performa laptop sekarang pun lebih cepat karena sudah mengusung teknologi SSD (Solid State Drive). Teknologi ini diklaim memiliki performa lebih cepat dibandingkan hardisk biasa.


Makanya gak heran kalau banyak yang mulai menggunakan SSD untuk laptop atau PC. Tapi tunggu dulu, sebelumnya Kamu harus tahu tips membeli SSD agar tidak salah beli.


Buat Kamu yang nggak ingin laptop menjadi lemot dan ingin mengganti SSD. Mending langsung disimak aja nih tips sebelum membeli SSD berikut ini.


1. Pertimbangkan Kapasitas Memori

Hal pertama yang harus Kamu perhatikan adalah kapasitas memori. Karena jika Kamu memiliki kebutuhan memori yang cukup besar namun Kamu malah membeli dengan ukuran yang sangat kecil maka Kamu harus mengeluarkan uang lagi untuk membeli hardisk eksternal.


Jadi, sebelum membelinya pastikan Kamu sudah mempertimbangkan kebutuhan untuk jangka panjang sehingga Kamu tidak perlu menambah atau mengganti lagi di kemudian hari.


2. Pilih Form Factor Sesuai Kebutuhan

Tips membeli SSD selanjutnya adalah dengan mempertimbangkan form factor SSD yang harus disesuaikan dengan kebutuhan perangkat yang digunakan. Karena form factor tersebut bisa meliputi SATA, M.2, mSATA, M.2 NVMe dan PCIE.


Jadi, jangan sampai Kamu membeli SSD yang tidak mendukung laptop atau PC. Karena, bisa saja membuat PC atau laptop tiba-tiba blue screen atau menjadi mati total akibat SSD yang tidak support tersebut.


3. Cek Kecepatan Read and Write

Berikutnya untuk membeli SSD Kamu juga harus cek kecepatan read dan write. Karena kecepatan ini sangat mempengaruhi kecepatan laptop. Apalagi setiap SSD memiliki form factor yang berbeda.


Sebagai contoh SSD SATA dengan kecepatan read dan write 500MB/s dan untuk SSD Factor M.2, M.2 NVMe memiliki kecepatan 5 kali lebih cepat dibandingkan SSD SATA. Jadi, Kamu hanya perlu sesuaikan saja.


4. Perhatikan Teknologi yang Digunakan

Perlu Kamu ketahui kalau SSD menggunakan teknologi yang berbeda, sehingga bisa mempengaruhi performa serta kualitasnya. Kabarnya untuk saat ini teknologi SSD yang sangat bagus adalah SLC (Single Level Channel).


Kecepatan SLC lebih tinggi jika dibandingkan dengan MLC (Multi Level Channel). Apalagi SLC lebih awet dibandingkan dengan SLC.


5. Persiapkan Uang

Terakhir, sebelum membeli SSD, Kamu harus mempersiapkan budget terlebih dahulu. Karena untuk membeli SSD tidak murah. Apalagi kalau Kamu mengincar SSD dengan kapasitas yang besar.


Jadi, bagaimana? Apakah sekarang Kamu sudah tahu tips sebelum membeli SSD. Oh iya, jangan lupa untuk share artikel ini ke sosial mediamu.