Tanda Smartphone Black Market yang Harus Kamu Ketahui - Solusi Menarik -->

Advertisement 970x90

Tanda Smartphone Black Market yang Harus Kamu Ketahui

Gunawan
Agustus 09, 2020

Pada era teknologi yang sangat maju ini, pasti sangat aneh rasanya kalau tidak memiliki smartphone yang canggih. Karena smartphone itu sendiri sudah menjadi hal wajib yang dimiliki oleh setiap orang.


Tanda Smartphone Black Market yang Harus Kamu Ketahui


Ada banyak sekali merk smartphone murah dan juga berkualitas, pasti membuat Kamu ingin memiliki smartphone tersebut di akun olshop yang mungkin menjualnya dengan harga yang lebih murah dari harga aslinya. Tapi tetap saja, Kamu harus mengetahui ciri-ciri akun online shop penipuan agar Kamu tidak tertipu.


Nah, selain menghindari adanya penipuan, Kamu juga harus mengetahui ciri-ciri smartphone black market ya. Apa sih arti dari black market? Black market merupakan barang asli yang tidak memiliki izin untuk masuk ke Indonesia. Jadi barang black market merupakan barang original yang illegal.


Perhatikan Ciri-ciri Smartphone Sebelum Membelinya


Kali ini Solusi Menarik akan membahas tentang ciri-ciri smartphone black market yang sebaiknya tidak Kamu beli.


1. Tidak Memiliki Garansi Resmi untuk Smartphone yang Kamu Beli

Smartphone black market merupakan produk asli dari brand yang sudah tersebar di seluruh Indonesia, seperti Oppo, Samsung, Xiaomi dan lainnya.  Hanya saja, smartphone black market biasanya tidak memiliki atau memberikan garansi seperti yang disediakan pada smartphone pada umumnya gaes.


Jadi, alasan sebaiknya Kamu tidak membeli barang black market yaitu karena ketika smartphone Kamu rusak ataupun cacat pada body-nya, Kamu tidak bisa memperbaikinya lagi atau meng-klaim garansi dimanapun. Nah, selain itu Kamu juga bisa mengecek terlebih dahulu smartphone yang akan Kamu beli. Seperti mengecek smartphone Xiaomi asli atau palsu.


2. IMEI Tidak Terdaftar

Karena keberadaan barang-barang dari black market sangat merugikan bagi negara, maka Pemerintah mengupayakan hal ini dengan cara mengecek IMEI. Hal ini dilakukan untuk membedakan smartphone resmi dan smartphone BM yang beredar di pasaran.


Oh iya, selain black market, Kamu perlu mengecek keaslian dari smartphone yang akan Kamu beli. Kamu juga bisa mengecek IMEI pada iPhone dan juga IMEI pada Xiaomi untuk memastikan apakah smartphone Kamu asli atau tidak.


Nah, apasih kegunaan IMEI? IMEI menjadi sangat penting untuk smartphone karena ketika smartphone Kamu hilang atau dicuri Kamu bisa melaporkan kode IMEI Kamu ke operator dan operator akan memblokirnya. Ketika kode IMEI Kamu diblokir, siapapun yang menemukan atau mencuri smartphone Kamu tidak bisa menggunakannya.


3. Aksesoris yang Tidak Original

Biasanya setiap gadget atau smartphone yang baru dibeli akan dilengkapi dengan aksesoris seperti charger atau headphone. Tapi, ketika Kamu membeli smartphone dari black market Kamu tidak akan mendapatkan barang-barang tersebut secara original.


Biasanya charger dari smartphone yang Kamu beli melalui black market tidak memiliki tegangan listrik yang sesuai dengan kebutuhan smartphone Kamu dan juga headphone yang Kamu dapat biasanya tidak memiliki suara yang jernih.


Tapi tidak jarang juga toko-toko online yang memberikan aksesoris tidak original, maka dari itu Kamu perlu membedakan charger tersebut palsu atau original.


4. Keaslian dari Smartphone Black market Tidak Terjamin Original

Biasanya black market menjual produk asli original yang di datangkan dari luar negeri. Tapi tidak jarang juga toko-toko online yang menjual smartphone palsu atau biasa disebut replika.


Jika Kamu belum mengetahui ciri-ciri barang yang dijual dari black market maka besar kemungkinan Kamu akan mendapatkan smartphone yang palsu atau replika.


Maka dari itu Kamu perlu memastikan bahwa smartphone yang Kamu beli tidak palsu. Kamu bisa mengecek merk smartphone yang akan Kamu beli ini asli atau palsu.


Karena smartphone palsu memiliki banyak ciri-ciri yang dapat Kamu bedakan. Contohnya, Kamu bisa mengecek smartphone Samsung asli atau palsu.


5. Dijual di Toko Online

Di mana sih biasanya smartphone black market dijual? Nah, biasanya smartphone black market dijual di toko online atau online shop dan biasanya tidak mempunyai toko fisik atau toko yang bisa Kamu datangi langsung.


Nah, karena Kamu harus melakukan transaksi secara online maka Kamu harus berhati-hati. Kamu harus mengetahui apa saja modus-modus penipuan online karena dengan melakukan transaksi secara online, bisa saja Kamu mengalami penipuan. Seperti barang tidak datang-datang ataupun seller yang tidak bisa dihubungi.


Nah itu dia beberapa tanda smartphone black market yang sebaiknya tidak Kamu beli, jangan lupa share ke sosial media Kamu agar temanmu juga tahu informasi ini.