Cara Mendapat Peringkat Pertama di Google - Solusi Menarik

Cara Mendapat Peringkat Pertama di Google

Mendapat Ranking Pertama di Pencarian Google menjadi sebuah keharusan untuk seorang blogger. Dengan berada di posisi pertama Google, situs Anda akan mendapatkan lebih banyak pembaca.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Infront Webworks menunjukkan bahwa Website yang berada di halaman pertama hasil pencarian Google mendapat 95% website traffic, sedangkan halaman berikutnya menerima hanya 5% traffic website.

Cara Mendapat Peringkat Pertama di Google
Hampir setiap orang mengetahui pentingnya SEO untuk meningkatkan trafik pengunjung, tetapi tidak semua orang mampu menerapkan teknik SEO secara baik dan benar.

Google juga baru-baru ini melakukan update algoritma yang mana ini berdampak pada beberapa website, situs ataupun blog.

Mesin pencarian seperti Google, Bing, Yandex dan sejenisnya saat ini sudah mulai pintar dalam memilih situs, website ataupun blog yang bisa berada di posisi pertama.

Nah, Lantas bagimana cara agar blog atau website kita bisa berada diposisi teratas?

Berikut Langkah-langkah Untuk Mendapatkan Posisi Pertama di Google

1. Mengenal Algoritma Penentu Ranking Website
Google terus melakukan pembaruan agar dapat menghasilkan hasil penelusuran yang lebih akurat. Menurut data yang dipublikasikan oleh Moz, ada 500-600 perubahan yang dilakukan oleh Google setiap tahunnya.

Dengan terus berkembangnya algoritma Google, para pelaku bisnis dan blogger harus selalu update informasi agar website atau blog tidak tenggelam dalam pencarian.

2. Mengevaluasi Ranking Website
Untuk bisa mendapatkan posisi teratas di pencarian Google, Anda perlu mereview kembali website Anda. Apakah website atau blog Anda sudah sesuai dengan aturan terbaru dari Google.

Saat ini kecepatan website atau blog juga menjadi salah satu faktor penentu untuk mendapatkan peringkat pertama di Google. Jadi, mulai saat ini pastikan website atau blog Anda bisa diakses dengan cepat.

Jika website atau blog Anda lambat saat diakses, kesempatan Anda untuk bisa berada di posisi pertama Google juga akan kandas.

Jika hal itu terjadi, sehebat apapun usaha SEO, meta description atau title tag yang Anda lakukan akan sia-sia. Karena Google akan memberikan penalti pada website yang banyak ditinggalkan oleh pengunjung begitu saja (Tidak sampai 30 detik).

Untuk itu penting bagi kita untuk mengetahui seberapa cepat website atau blog kita dapat diakses. Ada beberapa tools gratis untuk menguji kecepatan website atau blog.
- Google PageSpeed Insights
- WebPageTest
- Pingdom Website Speed Test

3 tools di atas mudah sekali untuk Anda gunakan, Anda tinggal memasukkan nama domain Anda pada kolom yang tersedia dan Anda akan mendapatkan hasilnya.

Google PageSpeed Insights
Jika hasilnya menunjukkan bahwa kecepatan website Anda buruk, cobalah untuk melakukan sebuah tindakan. Seperti membuang widget yang tidak begitu penting dan membuang javascript yang dapat memperlambat website atau blog Anda.

3. Memprioritaskan Pengunjung Organik
Istilah pengunjung organik (organic traffic) digunakan untuk pengunjung atau visitor yang datang dari hasil penelusuran Search Engine.

Cara paling mudah untuk meningkatkan trafik organik adalah dengan menerbitkan konten berkualitas pada website atau blog Anda secara teratur dan berkelanjutan, seperti yang saya lakukan ini.

Ciri Konten yang Berkualitas

Relevansi
Tulisan dengan topik atau niche yang di bahas. Jangan sampai pembahasan Anda keluar dari topik utama.

Tampilan
Penampilan website atau blog Anda juga sangat penting. Anda perlu membuat tampilan tulisan yang mudah dibaca dan nyaman untuk dilihat, seperti font yang saya gunakan saat ini. Jangan sampai font pada website atau blog Anda membuat pembaca tidak nyaman dan akhirnya pergi meninggalkan website atau blog Anda begitu saja.

Konten Multimedia
Tambahkan gambar, grafik atau video pada konten Anda. Kebanyakan pembaca akan jenuh ketika membaca teks yang terlalu panjang.

4. Memastikan Website atau blog Anda Mobile Friendly
Berdasarkan data yang dikutip dari Google, lebih dari 50% jumlah pencarian di Google berasal dari perangkat Android (mobile device). Google pun menjelaskan secara jelas bahwa website atau blog yang tidak mobile friendly tidak akan bisa berada di posisi teratas SERP.

Google Mobile Friendly Test Result
Untuk mengetahui website atau blog Anda mobile friendly atau tidak, Anda bisa menggunakan tool berikut.

Google Mobile Friendly Test Result

Jika website atau blog Anda dinyatakan tidak mobile friendly, saya sarankan Anda untuk segera mengganti template mobile friendly.

5. Melakukan Keyword Research
Melakukan riset kata kunci seharusnya menjadi langkah awal sebelum Anda membuat konten. Anda perlu mengetahui keyword-keyword apa saja yang dicari dan digunakan sehari-hari oleh target audience.

6. Membangun Link dengan Benar
Ada dua jenis link yaitu internal link dan external link. Cobalah untuk memasukkan kedua link tersebut secara natural.

Internal link adalah link yang mengarah ke website Anda sendiri. Sementara external link adalah link yang mengarah keluar (Website Lain).

Saya sarankan untuk memasukkan minimal 3 internal link atau external link ke teks yang ada pada konten Anda. Semakin banyak, semakin bagus.

7. Share di Media Sosial
Promosi di media sosial juga dapat meningkatkan peringkat website atau blog Anda pada mesin pencarian. Tapi ingat! jangan share link terlalu banyak karena akan dianggap SPAM.

Sekian dulu ya! pembahasan dari saya tentang Cara Mendapatkan Posisi Pertama di Google, mudah-mudahan dapat bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel