Doa Mandi Wajib Setelah Haid Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Advertisement 970x90

Doa Mandi Wajib Setelah Haid Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Gunawan
Maret 19, 2019

Haid adalah salah satu najis yang menghalangi wanita untuk melaksanakan ibadah sholat dan puasa, maka setelah selesai haid Anda harus bersuci dengan cara yang lebih dikenal dengan sebutan mandi Wajib haid.

Doa Mandi Wajib Setelah Haid Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Perlu dipahami untuk laki-laki maupun perempuan, bahwa salah satu najis yang menghalangi seorang wanita untuk melaksanakan ibadah sholat, puasa adalah menstruasi (haid) atau datang bulan.

Secara umum, siklus haid atau menstruasi terjadi selama 3 sampai 7 hari. Jika masa datang bulan atau haid berakhir, maka seorang wanita wajib hukumnya untuk mensucikan diri dengan melakukan mandi wajib setelah menstruasi (haid). Caranya yaitu berniat mandi wajib haid dan membersihkan seluruh anggota badan, minimal dengan menyiramkan air ke seluruh badan dari ujung rambut hingga ujung kaki secara merata.

Adapun untuk lafadz bacaan niat mandi wajibnya adalah sebagai berikut :

Niat Mandi Haid Lengkap Arab, Latin dan Artinya


نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْحَيْضِ ِللهِ تَعَالَى

NAWAITUL GHUSLA LIROF'I KHADATSIL KHAIDHI LILLAAHI TA'AALAA

Artinya :
Saya niat mandi untuk menghilangkan hadats haid karena Allah Ta'ala

Itulah lafadz doa niat mandi wajib setelah haid lengkap arab, latin dan artinya yang patut kita hafalkan dan pahami, baik untuk laki-laki maupun perempuan.

Mengapa seorang laki-laki dianjurkan untuk menghafal dan memahaminya, padahal laki-laki tidak mengalami menstruasi?

Karena laki-laki pasti akan memiliki seorang istri, dan apabila seorang istri tidak tahu tentang niat mandi haid, maka seorang laki-laki atau suami wajib hukumnya untuk mengajari istrinya.

Sekian dulu ya! pembahasan saya kali ini tentang Doa Mandi Wajib Setelah Haid Lengkap Arab, Latin dan Artinya; mudah-mudahan bisa bermanfaat. Jika ada masalah atau pertanyaan silakan tanyakan pada kolom komentar dibawah.