Cara Membuat File PDF dengan Microsoft Word - Solusi Menarik

Advertisement 970x90

Cara Membuat File PDF dengan Microsoft Word

Gunawan
November 15, 2019

Saat ini banyak calon pelamar CPNS yang mencari Cara Membuat File PDF dengan Microsoft Word. File PDF merupakan file yang wajib diupload oleh para peserta, karena ini merupakan ketentuan yang harus dipenuhi oleh para peserta CPNS tahun ini.

Peserta CPNS tahun ini wajib upload foto, scan KTP, scan ijazah, scan surat lamaran dan surat – surat pendukung lainnya dalam bentuk pdf.

Cara Membuat File PDF

Sebenarnya untuk membuat file pdf itu sangatlah mudah, tetapi tidak jarang dari kita masih banyak yang bingung untuk membuat file pdf yang dibutuhkan.

Apa itu PDF

PDF adalah singkatan dari Portable Document Format atau biasa disebut juga dengan dokumen format portable. Format PDF digunakan untuk menjaga kemudahan user serta menjamin keamanan dari suatu file.

Jika sebuah file telah diubah menjadi PDF maka file tersebut tidak bisa diedit dan kebal terhadap serangan virus apapun. Umumnya file yang diubah ke PDF lebih kecil ketimbang file aslinya.

Cara Membuat File PDF dari Word


Cara mengubah file JPG (JPEG), PNG, DOC (DOCX) menjadi file PDF yang paling mudah adalah dengan menggunakan Microsoft Word. Anda hanya perlu install aplikasi tambahan pada MS Office, baik itu MS Office Word, Excel, Power Point dan lainnya.

Silakan Anda download Add-on pada link download dibawah ini.


Buka file word yang ingin Anda ubah ke file PDF, klik ikon Office button (sudut kiri paling atas) kemudian klik Save As > PDF or XPS. Lalu pilih folder tempat Anda untuk menyimpan file tersebut, kemudian selesaikan dengan menekan tombol Publish. Tunggu beberapa saat hingga muncul tampilan PDF dari file yang baru saja Anda konversi.

Kekurangan dari cara ini ialah: tidak dapat mengubah file tanpa membuka Microsoft Office. Misalnya langsung mengkonversi gambar, maka Anda perlu memasukkan gambar tersebut pada salah satu aplikasi Microsoft Office, baik itu di word, excel atau power point.

Demikian artikel tentang Cara Membuat File PDF dengan Microsoft Word, semoga bermanfaat. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.