Cara Screen Shot di Laptop Paling Mudah dan Cepat - Solusi Menarik

Advertisement 970x90

Cara Screen Shot di Laptop Paling Mudah dan Cepat

Gunawan
Oktober 05, 2019

Bagi Anda yang sudah sering menggunakan laptop, mengambil screenshot adalah hal yang biasa dilakukan untuk berbagai macam keperluan. Ada banyak sekali cara screen shot di laptop mulai dari menggunakan aplikasi bawaan windows maupun menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Cara Screen Shot di Laptop
Namun mungkin ada sebagian dari Anda yang masih belum paham mengenai cara melakukan screenshot di laptop.

Baca Juga : Cara Mengecek IP Address PC, HP dan Modem dengan Mudah

Kami telah merangkum beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengambil screenshot di laptop. Kami mencoba merangkum cara screenshot laptop untuk sistem operasi Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

Cara Screen Shot di Laptop Windows XP

Untuk melakukan screen shot di laptop Anda cukup menekan tombol Print Screen atau PrtSc yang biasanya terletak di pojok kanan atas keyboard Anda. Setelah menekannya Anda cukup menekan Ctrl + V di program apapun yang memiliki kemampuan untuk paste gambar misalnya paint, atau bahkan Microsoft Power Point dan Microsoft Word.

Cara Screen Shot di Laptop

Cara Screen Shot di Laptop Windows Vista dan Windows 7

Selain dengan cara seperti windows xp diatas. Ternyata Windows Vista dan Windows 7 dibekali oleh Microsoft dengan metode lain yang dapat Anda lakukan untuk melakukan screenshot. Caranya adalah dengan menggunakan Snipping tools. Fitur ini dapat Anda temui pada seluruh versi Windows kecuali edisi starter and basic dan Windows XP.

Baca Juga : Menampilkan File di Flashdisk yang Hilang (Bervirus)

Untuk menggunakan aplikasi ini Anda bisa menekan tombol Start > All Programs > Accessories > Snipping tool. Anda dapat mengambil area screenshot secara spesifik di layar monitor Anda menggunakan aplikasi ini. Caranya adalah dengan klik new lalu save dan selesai. Mudah bukan?

Cara Screen Shot di Laptop Windows 8

Keunggulan dari sistem operasi ini adalah kemampuan untuk menyimpan screenshot yang Anda ambil secara otomatis ke folder spesifik. Untuk melakukannya Anda cukup menekan tombol Windows dan Print Screen secara bersamaan. Kemudian hasil dari screenshot akan tersimpan secara otomatis di dalam pictures library.

Selain dari itu tentunya Anda bisa melakukan screenshot menggunakan fitur yang sebelumnya sudah ada di Windows XP, Vista, maupun Windows 7, misalnya snipping tools.

Untuk Windows 10 Anda bisa menggunakan semua cara diatas dan bisa sesuaikan mana yang merut Anda lebih mudah dan cepat.

Nah, itulah Cara Screen Shot di Laptop Paling Mudah dan Cepat. Sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.